Sunday, January 5, 2014

Chevrolet Spin Diesel hemat BBM

Bila 2 tahun sebelumnya liburan dengan city car, sekarang saya mendapatkan MPV yang baru saja meluncur di Indonesia. Asyiknya lagi, Chevrolet Spin yang saya pakai adalah bermesin diesel.
Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder 1.248 cc yang bertenaga 75 dk dengan torsi puncak 190 Nm. Dapur pacu ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-speed.
Tendangan torsi besar sudah dirasa sejak awal. Hal ini modal yang menyenangkan karena dalam perjalanan kami ini melalui banyak jalan menanjak di daerah Lembang dan Kuningan.
Di Lembang, tepatnya di Kampung Gajah, saya dan keluarga melakukan beberapa aktivitas. Mulai dari main sepeda air, naik delman hingga  memetik strawberry yang kemudian kami buat jus untuk diminum bersama...suegeeernya.
Sementara di Kuningan saya mengunjungi tempat wisata Cibulan. Konon, ini adalah petilasan Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang terkenal, yang memiliki 7 sumber mata air.
Hal menarik lain di Cibulan adalah pemandian bersama ikan Kancra Bodas atau Ikan Dewa. Ikan yang jinak yang menurut legenda merupakan jelmaan serdadu-serdadu pembangkang yang dikutuk Prabu Siliwangi.
 

Walau perjalanan cukup jauh dan melelahkan. Dua buah hati saya tetap gembira sepanjang perjalanan. Soalnya, kabin Spin yang luas bisa menyediakan ruang yang cukup bagi mereka berdua untuk bermain dan beristirahat.
Apalagi kemampuan peredam kejut Spin patut diacungi jempol karena menyuguhkan bantingan suspensi yang empuk. Sehingga jalan “keriting” dan berlubang bisa dilalui de­ngan nyaman.
Konsekuensi dari suspensi empuk adalah timbulnya body roll dan understeer saat Spin diajak menikung cepat 70-80 km/jam. Namun, gejala yang muncul masih wajar. Mengingat kodrat mobil ini sebagai MPV yang mampu meng­angkut 7 orang penumpang.
Oh ya, setir Spin model palang tiga juga nyaman digenggam. Saat melaju kencang atau menikung cepat ia memberikan feedback yang baik kepada pengemudi. Cuma saja putaran setir saat manuver parkir sedikit lebih berat dari mobil sekelasnya.
Setelah berwisata selama 2 hari, kami kembali lagi  Jakarta. Nah, di sini rute yang dilahap Spin Diesel adalah jalan Jakarta yang sepi karena ditinggal mudik mayoritas penghuninya. Saya pun ba­nyak menghabiskan waktu untuk bersilahturahmi dengan keluarga besar dan mengajak anak-anak jalan-jalan atau mengunjungi lokasi wisata di Jakarta. 

TIPS HEMAT BBM
Kecepatan Tak Lebih Dari 100 km/jam
Chevrolet Spin Diesel memiliki torsi yang besar, 190 Nm yang sudah tersedia sejak 1.750-2.500 rpm. Output ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat BBM. Saat kondisi stop and go, tak perlu injak pedal gas untuk menggerakkan mobil. Cukup angkat pedal kopling secara perlahan, dan mobil akan menggelinding dengan mulus.
Sementara saat melaju di jalan bebas hambatan, kami menjaga kecepatan di 100 km/jam dengan putaran mesin 2.200 rpm. Dengan posisi gigi 5, ini akan memberikan efisiensi BBM paling optimal saat cruising.


 ( sumber : autobild.co.id )