Wednesday, June 5, 2013

Bodi Monocoque pada SPIN

Suatu mobil biasanya mengaplikasi rangka monokok, salah satunya yang mengaplikasi bodi monokok adalah Chevrolet Spin. Sebenarnya apa sih pengertian dari bodi monokok ini? Monokok atau dalam versi Inggrisnya Monocoque berasal dari kata mono dan coque, mono berarti tunggal (bahasa Yunani) sementara coque artinya cangkang (Bahasa Perancis).


Pengertian bodi monokok adalah rangka atau sasis atau lebih tepatnya struktur yang menopang seluruh komponen dari kendaraan. Jadi rangka menyatu dengan struktur bodi dan tidak terpisah. Jadi bodi monokok ini akan menopang semua komponen mobil termasuk mesin, roda, dan komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar.

Bodi monokok ini pertama kali digunakan oleh mobil Lancia Lamda pada tahun 1922 silam. Pada masa itu kebanyakan mobil masih menganut rangka yang terpisah dengan bodi, namun Lancia Lamda ini menggunakan bodi monokok dan menggunakan sistem transmisi dan penggerak sebagai rangka belakangnya. Sehingga mobil ini lebih kuat dibandingkan mobil yang ada saat itu.

Apa kelebihan dari bodi monokok ini?
  1. Bodi lebih ringan, sehingga bahan bakar lebih ekonomis
  2. Kabin akan lebih tahan terhadap benturan
  3. Seluruh gaya tersebar sama rata disemua bagian bodi
  4. Handlingnya lebih baik karena memilik sifat yang lebih kaku

Ada kelebihan, tentu juga ada kelemahannya, berikut kelemahan bodi monokok
  1. Karena bodi menyatu dengan sasis maka getaran akan terasa diseluruh bagian mobil
  2. Apabila terjadi kerusakan pada sasis akan sulit diperbaiki dan biayanya mahal
Namun kedua kelemahan diatas dapat diatasi dengan penggunaan material baja yang kuat sebagai bahan sasis serta memberikan bantalan untuk mengurangi getaran. Hingga saat ini proses pengembangan bodi monokok masih dilakukan untuk menciptakan suatu kendaraan yang aman dan nyaman.
Untuk saat ini penggunaan bodi monokok banyak digunakan oleh mobil berjenis sedan dan MPV karena tingkat kestabilan dan kemanannya yang lebih tinggi.

( sumber : http://www.oto-id.com )